Fashion Ngetren di Tengah PPKM?

Berikut adalah beberapa produk yang paling banyak dibicarakan di berbagai marketplace dan media sosial dari tanggal 12 – 18 Juli 2021.
#1 Merchandise K-Pop
Image
Minggu ini merchandise k-pop masih berada di posisi teratas dari yang lain. Meskipun pada grafik terlihat menurun sangat drastis, tetapi hal ini tidak menggoyahkannya untuk turun peringkat.
Image
Wordcloud juga memperlihatkan bahwa netizen banyak mencari berbagai jenis merchandise, seperti album K-pop, lightstick, dan juga photobook. Beberapa nama idol k-pop beserta boy grup juga terlihat dalam pencarian.  
#2 Netflix
Image
Netflix mengalami kenaikan peringkat yang cukup tinggi yaitu #2 minggu ini. Dapat dilihat dari grafik, pada awal pekan Netflix cukup stabil data yang masuk, hingga pada 16 Juli mengalami lonjakan yang sangat tinggi.
Image
Wordcloud diatas memperlihatkan netizen banyak mencari akun Netflix premium sharing yang terpercaya dengan berbagai metode pembayaran seperti Ovo, Dana, Gopay, BCA.
#3 Skincare
Image
Pekan ini, Skincare mempertahankan posisi nya di #3. Grafik diatas juga menunjukkan bahwa, pada awal pekan, perbincangan mengenai skincare cukup stabil. Hingga pada 16 Juli, skincare mendapat lonjakan yang sangat tinggi.
Image
Wordcloud mengungkapkan bahwa netizen menggunakan Shopee dan Tokopedia untuk mencari skincare pilihan mereka. Dari data diatas juga memperlihatkan bahwa netizen tetap mencari berbagai jenis skincare seperti: serum, toner, hand sanitizer, masker, dan sejenisnya
#4 Masker
Image
Masker tetap menempati peringkat #4 pada pekan ini. Hal ini juga dapat dikarenakan oleh PPKM darurat karena kasus Covid-19 yang masih cukup tinggi di Indonesia. Dari grafik diatas, dapat kita lihat lonjakan tertinggi terjadi pada 16 Juli.
Image
Wordcloud memperlihatkan bahwa netizen banyak yang mencari masker baru seperti masker kn95, 3ply masker dan sanitizer, banyak juga yang mencari masker dalam kemasan box yang lebih hemat.
#5 Kopi
Image
Minggu ini kopi mengalami penurunan menjadi peringkat #5 setelah minggu lalu nangkring pada posisi kedua. Pada grafik diatas, dapat kita lihat bahwa kopi mengalami penurunan yang cukup drastis setelah berada di puncak perbincangan pada 12 Juli.
Image
Wordcloud diatas juga menampilkan keyword-keyword yang berhubungan dengan kopi, seperti mesin kopi, robusta, kopiyor, dan lainnya. Berbeda dengan Merchandise K-Pop yang lebih sering dicari di Tokopedia, Kopi lebih banyak dicari di Shopee.
#6 Baju
Image
Minggu ini kembali turun satu peringkat, baju menempati peringkat #6 dari minggu lalu yang berada di posisi #5. Dilihat dari grafik diatas, pencarian baju terus menurun dari awal pekan hingga akhir pekan pada 18 Juli.
Image
Wordcloud menyebutkan bahwa Shopee dan Tokopedia merupakan e-commerce yang paling sering digunakan oleh netizen. Beberapa dari mereka memperhatikan detail seperti ukuran, warna, ongkir, jenis baju, dan bahan.
#7 Buku
Image
Buku harus merelakan tempatnya minggu lalu, dan turun peringkat menjadi #7 pada minggu ini. Meskipun begitu, trend pencarian memang tidak terlalu stabil jika kita melihat dari grafik diatas.
Image
Wordcloud juga memperlihatkan banyak netizen yang mencari buku untuk UTBK baik Saintek maupun SosHum. Bahkan banyak juga dari mereka yang ingin menjual koleksi buku dengan tags WTS atau want to sell.
#8 Pulsa
Image
Naik satu peringkat ke posisi #8, pulsa mendapat pencarian yang cukup signifikan pada mingu ini. Dapat kita lihat pada grafik diatas, bhawa naik turunya grafik pulsa juga cukup stabil.
Image
Wordcloud juga memperlihatkan bahwa netizen mencari berbagai jenis pulsa untuk berbagai provider. Bahkan terlihat bahwa netizen suka menggunakan dompet digital untuk membeli seperti Ovo, Gopay, Shopeepay, Qris dan Dana
#9 Celana
Image
Sempat vakum beberapa bulan di Ngetrend.id, kini celana kembali masuk kedalam daftar pencarian terbanyak oleh netizen. Menempati peringkat #9 celana mendapat grafik naik turun yang cukup stabil. Tidak terlalu turun dan terlalu naik.
Image
Wordcloud mengatakan netizen mencari celana bahan di Shopee. Dengan harga murah dan terjangkau. Beberapa netizen juga mencari celana dengan berbagai model seperti, kulot, boxer, jeans, dll.
#10 Sepatu
Image
Sama seperti minggu lalu, sepatu harus berpuas diri dengan berada di peringkat #10. Pada grafik, meskipun sempat berada di puncak tertinggi pada 13 Juli, sepatu mengalami penurunan yang cukup drastis hingga akhir pekan.
Image
Wordcloud juga memperlihatkan bahwa netizen mencari berbagai brand sepatu dengan berbagai macam size. Pada pekan ini, banyak netizen yang mencari sepatu di SHopee, Tokopedia, dan Lazada. 
Itulah 10 produk yang paling banyak diperbincangkan di marketplace minggu ini. Semoga bisa menjadi insight dalam menyusun strategi bisnis Anda.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *