fbpx

“Wirausaha Sosial” Konfeksi Macan Ucul

“Di sini tidak ada toilet. Biasanya ke sungai,” kata Warsini (40 tahun) ketika panturabisnis.com berkunjung ke Dukuh Macan Ucul, Desa Kedung Jati, Kecamatan Warureja.

Tentu saja sungai atau parit lebih eksotis daripada toilet. Apalagi beberapa ratus meter lagi ada hutan, tempat penduduk desa berladang. Serasa bertualang ke masa lalu, pada tahun 60-an. Maklum, daerah pinggiran, tepat di perbatasan Tegal-Pemalang.

“Hanya sekitar 15 menit ke Pemalang, padahal kalau ke Slawi bisa memakan waktu 1,5 jam lebih,” kata Adi Purwanto (28 tahun) di LIK Takaru, Jalan Raya Dampyak Km.4.
Warsini dan Adi Purwanto adalah pemilik usaha konfeksi CREANOVA. Selain mereka ada empat orang lainnya: Novan Fauzi, Naimatul Fitkhi, Sudarno dan Heri Kusbiantoro.
WIRAUSAHA SOSIAL
“Sampai sekarang, pemilik belum mengambil untung. Yang penting upah karyawan dulu. Kami berenam kompak karena memiliki visi yang sama, yaitu bagaimana supaya pemuda di sini tidak merantau semua,” kata Adi yang semasa menjadi mahasiswa Teknik Mesin sempat menjabat ketua HMI cabang Tegal 2012-2013.

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *