BELUM LAMA ini, Direktur UD Wesi Aji, Akhmad Junaedi, meminta tim panturabisnis.com untuk membuatkan logo usahanya. Logo tersebut akan dipergunakan sebagai syarat pengajuan merek.

“Produk kami akan diberi merek,” ujar dia saat ditemui di showroom/bengkel logamnya di Talang.

Produk yang dihasilkan UD Wesi Aji diantaranya komponen pintu handerson, seperti Rel Handerson, Braket Hasky, Belokan Atas, Roda Atas Polos Hasky, Slot Samping, Engsel Bawah Kupu dan Engsel Tengah Kupu,Engsel Bawah Polos, Engsel Tengah Polos, Roda atas dobel kupu, Roda atas dobel polos, Braket Besar, Roda Atas Kupu Hasky, Roda Atas Kupu, Roda Atas Polos. Selain memproduksi komponen pintu Handerson, UD Wesi Aji juga memproduksi alat yang bernama Throttle leser assy untuk traktor G. 1000. Dan, ventilator untuk selang tabung gas.

Tak berapa lama, tim panturabisnis.com sudah bisa menunjukkan desain logo untuk UD Wesi Aji.

 

 

 

PENGERTIAN LOGO DAN MEREK

desainstudio.com menjelaskan logo adalah lambang atau simbol khusus yang mewakili suatu perusahaan atau organisasi. Sebuah logo bisa berupa nama, lambang atau elemen grafis lain yang ditampilkan secara visual. Sebuah logo diciptakan sebagai identitas agar unik dan mudah dibedakan dengan perusahaan kompetitor/pesaing.
Logo bisa diibaratkan dengan wajah. Setiap orang bisa dengan mudah dikenali antara satu dengan yang lain hanya dengan melihat wajah. Begitu juga halnya dengan logo. Logo merupakan sebuah visi penyampaian citra positif melalui sebuah tampilan sederhana dalam bentuk simbol.
Karena fungsi dasarnya sebagai identitas, logo haruslah unik dan mudah diingat. Selain itu, logo juga harus divisualisasikan seimbang dan enak dipandang, serta relefan sehingga mampu memberikan penjelasan mengenai apa yang ditawarkan perusahaan pemilik logo.
Sama halnya dengan logo, brand (merek) berfungsi sebagai identitas suatu perusahaan atau organisasi. Namun brand tidak hanya digambarkan dalam sebuah simbol (seperti logo), brand bersifat menyeluruh. Brand bisa berupa nama, simbol/logo, bentuk, iklan, slogan, maupun penggunaan kombinasi warna.
Sebuah brand yang baik diciptakan dengan mengulangi penggunaan unsur-unsur tersebut secara konsisten untuk menggambarkan identitas yang jelas dari sebuah perusahaan. Kita mengenal slogan “just do it” sebagai salah satu bagian dari branding Nike. Nike konsisten menyisipkan slogan tersebut dalam berbagai bentuk promosi baik dalam media cetak maupun iklan televisi. Konsistensi tersebut lambat laun menggugah ingatan konsumen terhadap produk Nike yang secara perlahan akan berujung membentuk prilaku konsumen yang responsif terhadap layanan yang ditawarkan dalam promosi.

 

Lalu bagaimana cara mendaftarkan merek? dgip.go.id menerangkan:

Permohonan pendaftaran merek diajukan dengan cara mengisi formulir yang telah disediakan untuk itu dalam bahasa Indonesia dan diketik rangkap 4 (empat);
Pemohon wajib melampirkan:
– surat pernyataan di atas kertas bermeterai cukup yang ditandatangani oleh pemohon (bukan kuasanya), yang menyatakan bahwa merek yang dimohonkan adalah miliknya;
– surat kuasa khusus, apabila permohonan pendaftaran diajukan melalui kuasa;
– salinan resmi akte pendirian badan hukum atau fotokopinya yang dilegalisir oleh notaris, apabila pemohon badan hukum;
– 24 lembar etiket merek (4 lembar dilekatkan pada formulir) yang dicetak di atas kertas;
– bukti prioritas asli dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia, apabila permohonan diajukan menggunakan hak prioritas;
– fotokopi kartu tanda penduduk pemohon;
– bukti pembayaran biaya permohonan. (pb)

Komentar
Tags:
About Author: panturabisnis