fbpx

Warga dan Pedagang Serbu Mobil Penukar Uang

TEGAL – Warga dan pedagang Pasar Sumurpanggang, Senin (13/6/2016), ramai-ramai menukar uang di mobil penukar uang Bank Indonesia Tegal.

Mobil tersebut berada di depan pasar Sumurpanggang sekitar pukul 10.00 WIB. Sejumlah petugas kepolisian ikut menjaga kegiatan penukaran uang yang digelar BI Tegal.

Humas BI Tegal Tulus saat ditemui panturabisnis.com di kantornya menuturkan, mobil penukar uang tersebut untuk memudahkan masyarakat yang biasanya dalam menjelang lebaran menukarkan uang dengan yang baru atau dengan nominal yang lebih kecil untuk diberikan kepada sanak saudara.
“Ini salah satu eksen BI untuk memudahkan warga menukarkan uang. Selain menyediakan mobil keliling, BI juga bekerja sama dengan beberapa bank-bank umum untuk menerima penukaran uang,” ungkapnya.
Kegiatan penukaran tersebut, kata Tulus, selain mengantisipasi kebutuhan penukaran uang yang selalu tinggi menjelang lebaran, juga berfungsi menarik uang-uang rusak, lama atau tidak berlaku yang masih beredar di masyarakat.

Sebelumnya diberitakan, Kantor Bank Indonesia Perwakilan Tegal menyediakan dana Rp. 2,76 riliun untuk memenuhi kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Ketersediaan dana di BI itu naik Rp. 0,26 triliun dibandingkan dengan tahun 2015.
“Kalau tahun kemarin Rp. 2,5 triliun,” ungkap Kepala Kantor BI Perwakilan Tegal Joni Marsius saat acara Walikota Menyapa di salah satu radio pemerintah di Kota Tegal, Rabu (8/6).

Jumlah yang disediakan BI itu, menurut Joni, aman untuk memenuhi kebutuhan menjelang lebaran. Jikapun kekurangan, BI akan menyediakan kekurangan dengan menghubungi Depo Semarang dan dapat dikirim pada hari yang sama.
Bagi yang mau menukar uang, Kantor BI membuka loket di bulan Ramadhan mulai tanggal 20-30 Juni 2016. “Biasanya kita buka untuk penukaran setiap Selasa dan Kamis, tapi di tanggal 20-30 kita buka kas hari Senin sampai Jumat pukul 08.30 – 11.30 WIB,” jelas Joni. Namun Joni membatasi permintaan penukaraan uang dengan asas pemerataan. (pb)

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *