USAHA yang dirintis H. Faizin, Jalan Merpati No 26i Randugunting RT 06/02 Kota Tegal, berawal dari hobi. Sejak masih duduk di bangku SMP, Faizin begitu menggemari drumband. Apalagi di sekolahnya, SMP Al-Irsyad Kota Tegal, menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler itu.
“Sejak SMP, saya ikut drumband,” cerita H. Faizin saat ditemui di showroom Fito Music di Jalan Merpati No. 261 Randugunting Kota Tegal.

Berawal dari Hobi Drumband

Aktif mengikuti kegiatan drumband berlanjut sampai SMA. Dan, rupanya dari hobi tersebut, Faizin membaca peluang bisnis alat-alat drumband. Tahun 1994, ia mulai merintis bisnis tersebut dengan jalan “kulak” alat-alat drumband untuk dipasok ke sekolah yang telah memesannya. Karena ia pemain drumband, Faizin tahu kualitas bunyi alat-alat drumband.
“Sering nggak sreg dengan alat-alat drumband yang kami beli. Kebetulan kan saya tahu bunyi alat-alat drumband yang baik,” kata dia.
Dari perasaan kurang sreg dengan alat-alat drumband yang ada, ia mulai berpikir memproduksi alat sendiri agar mendapatkan kualitas alat-alat drumband  yang memuaskan. Pada tahun 2000, ia mencoba otak-atik memproduksi alat sendiri.
“Awalnya saya kerjakan sendiri.”

Terus Berkembang

Usahanya makin berkembang seiring dengan minat sekolah terhadap kegiatan drumband. Tidak hanya sekolah lanjutan, tetapi juga sekolah dasar sudah menyelenggarakan kegiatan tersebut. Saat ini, Faizin memiliki lima karyawan dengan kemampuan produksi 1 set drumband perbulan.
“Satu set terdiri dari 40 hingga 50 item alat drumband. Produk kami sudah diberi merk Dynamic,” terang dia.
Kini alat-alat drumband produksinya tersebar ke daerah Pemalang, Brebes, Tegal kota maupun kabupaten hingga ke Bogor. Faizin optimis, produknya bisa menembus pasar nasional.
Untuk memuaskan konsumen, Faizin tidak hanya memenuhi kebutuhan alat-alat drumband saja, tetapi juga memberi pelayanan setting alat dan pelatihan drumband. “Saya sendiri yang melatih. Namun karena makin banyak permintaan melatih, saya mengutus pelatih yang sudah kami didik.” (pb)

Komentar
Tags:
About Author: panturabisnis