fbpx

Tingkatkan Kemampuan Produksi Kerajinan Kerang

 

TEGAL – Untuk meningkatkan kemampuan membuat kerajinan dari kerang, 20 anggota IKM kerajinan kerang mengikuti pelatihan yang diadakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Pemkot Tegal. Pelatihan yang digelar dari Tanggal 6 hingga 10 Februari tersebut digelar di Kajongan, Kelurahan Muarareja Kecamatan Tegal Barat dengan mengundang pelatih dari Cirebon, yakni Maskuri dari P2MK Antika Lighting, Cirebon.

Peserta yang didominasi ibu-ibu terlihat antusias mengikuti pelatihan pada hari pertama. Sekitar pukul 10.00, mereka mulai mengikuti cara membuat cetakan yang dipandu langsung oleh Maskuri. “Perhatikan pemakaian bahan untuk membuat cetakan. Sebagai pengusaha, harus bisa memperhitungkan agar pemakaian bahan tidak boros,” ujar Maskuri.

Maskuri saat menerangkan pembuatan cetakan.

Kabid Perindustrian Khusnul Hidayati SE di sela-sela mendampingi pelatihan menuturkan kepada panturabisnis.com, materi pelatihan dari membuat cetakan hingga finishing. “Ada tahapan membuat kerajinan kerang. Dalam pelatihan selama lima hari ini, peserta akan mendapat materi semua tahapan itu. Dari membuat cetakan hingga finishing. Menjadi produk yang siap jual,” ujar Khusnul.

Menurut dia, kerajinan kerang prospektip, apalagi Kota Tegal merupakan wilayah pantai yang cukup tersedia beragam kerang. “Kerang cukup melimpah. Sementara ini belum dimanfaatkan secara maksimal.”

Dengan pelatihan tersebut, Khusnul berharap perajin makin terampil sehingga produk yang dihasilkan punya nilai jual. Tidak hanya bisa dipasarkan di tingkat lokal, tetapi juga nasional. “Tidak menutup kemungkinan juga ekspor.” (pb)

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *