Bagaimana supaya produk logam Talang-Adiwerna, plastik Mangunsaren, karet Kabunan, bambu Kendalserut, kulit Pepedan, kerajinan emas Pesayangan, gerabah Dukuhmalang, shuttlecock Lawatan, kacang Bogares, duku Kesuben, dsb dikenal dan terus dibeli konsumen nasional bahkan global?

Menyambut MEA, slogan “think globally, act locally” semakin relevan. Terkait masalah perekonomian, itu berarti “promosi global untuk produk lokal”. Media cetak tidak mampu, apalagi masyarakat semakin dekat dengan internet. Itulah alasan media online panturabisnis.com lahir dan hadir ke hadapan anda.

Jadi, semangat mengangkat kearifan, keunikan dan keunggulan lokal ke pentas global adalah visi besar kami.

Bertempat di kedai bakso di Slawi, pada 5 Februari 2015, Muhammad Abduh dan Ahmad Thoha Faz saling berjabat tangan, menyatukan energi dan membangun sinergi untuk menyalurkan kemanfaatan yang lebih luas dan lebih berbekas.

Abduh (sebagai komisaris) adalah pemimpin redaksi RADAR TEGAL (2008 s.d 2015) dan dipercaya menjadi ketua Tegal Internet Marketers Forum (2015 s.d sekarang). Lulusan pertanian UNSOED ini adalah satu-satunya wartawan di daerah pantura yang memegang sertifikat wartawan utama dari Dewan Pers.

Thoha (sebagai direktur) adalah lulusan Teknik Industri ITB, penulis buku Titik Ba, penemu Matematika Detik, pemilik les eksklusif Sekolah Ilmu Eksakta (SIE) dan sehari-hari blusukan sebagai penyuluh perindustrian dan perdagangan (PNS). Thoha juga adalah mantan direktur LeNTera (Lembaga Nalar Terapan), sebuah forum diskusi pada 2008-2009 yang melibatkan tokoh Tegal, baik birokrat hingga selevel bupati, anggota DPRD/DPR, pengusaha, akademisi dan aktivis ormas, dsb.

VISI+STRATEGI

Tidak lain, panturabisnis.com adalah sarana untuk memudahkan sinergi triple helix A-B-G (Academician, Business, Government).

BUSINESS adalah fokus utama kami. Kami siap menjadi mitra bisnis lokal memenangkan pasar nasional dan global, di bidang pemasaran, manajemen, akses ke layanan pemerintah, dsb.

AKADEMISI adalah pihak yang “pinter, kober dan bener” untuk menggali potensi dan masalah secara mendalam dan terstruktur. Penelitian yang bisa digarap berlimpah, termasuk (i) aspek historis dan filosofis batik Tegalan sehingga batik Tegal lebih dari sekadar sandang, (ii) sejarah dan dinamika “Jepangnya Indonesia” sehingga api inspirasi menggerakkan semua pemangku kepentingan pada arah dan jalur yang tepat, (iii) masalah limbah yang terus melekat pada perindustrian, dsb.

Kami, panturabisnis.com, mengundang akademisi (mahasiswa dan dosen/guru) asal Tegal yang tersebar di pantura (Tegal, Brebes), Indonesia (UI UGM, UNDIP, ITB, IPB, ITS,dsb) dan bahkan dunia untuk berkiprah lebih bermakna untuk kampung halaman, tidak hanya bisa pamer jaket dan gadget.

Idealnya pendidikan menyatu dengan dunia nyata. Maka dinamika perindustrian dan perdagangan adalah “laboratorium besar”, supaya siswa lebih dari sekadar menerima teori/informasi, melainkan mereka menyerap pengetahuan.

Dengan kebijakan dan anggaran, serta aparatnya yang tersebar hingga pelosok, GOVERNMENT (pemerintah) berperan besar pada terciptanya kemakmuran yang adil dan merata. Maka sudah saatnya pemerintah terhubung terus dengan masyarakat, sehingga setiap program pemerintah dapat diketahui masyarakat seluas-luasnya dan secepat-cepatnya.

Kami, panturabisnis.com, menjembatani dunia nyata (“produk lokal”) dan dunia maya (“promosi global”). Kami blusukan, berinteraksi dengan warga dunia nyata (CITIZEN), mengendus setiap masalah dan potensi usaha mikro dan kecil (perindustrian dan perdagangan) hingga ke pelosok. Kami mengalami dan merasakan dengan hati, lebih sekadar mendengar dan melihat. Denyut panturabisnis.com menyatu dengan denyut bisnis di dunia nyata.

Sayang kami terlalu kecil, maka kami mengajak anda untuk peduli, melihat dan mencatat (memotret), kegiatan bisnis di lingkungan anda. Kami mengajak anda berbagi informasi dan inspirasi. Dengan penuh semangat, kami menyebarkan inspirasi, informasi dan terutama karya nyata (produk dan jasa) lokal ke NETIZEN di seluruh dunia.

Jadi apa itu panturabisnis.com? “Produk lokal, promosi global”

Komentar

Anda perlu tahu info lainnya tentang:

  • forum dikusi usaha home industri tegal
Tags:
About Author: panturabisnis