SEDIKITNYA 80 siswa SMP Muhammadiyah I Slawi, Rabu kemarin, mengikuti Test Of Second Mathematics (TOSM) yang digelar oleh PPMD (Pusat Pengembangan Matematika Detik). Bertempat di ruang kelas atas gedung SMP tersebut, mereka menggarap soal penjumlahan, perkalian, dan pengurangan yang dibatasi waktunya.

Kepala SMP Muhammadiyah I Slawi Saefullah menegaskan, pihaknya mendukung Matematika Detik karya Ahmad Thoha Faz untuk dipraktikan di sekolah. Bahkan ia siap secara horisontal menyebarluaskan ke jaringan sekolah muhammadiyah.

“Muhammadiyah mempunyai jaringan sekolah se-indonesia. Kita bisa bergerak secara horisontal untuk membawa program sekolah muhammadiyah yang satu dengan yang lainnya,” ujarnya.
Di sela-sela kegiatan tersebut, Direktur PPMD Arif Maulan menyatakan, Kabupaten Tegal akan menjadi laboratorium penerapan Matematika Detik.

“Selama ini kita sering mendengar persoalan dasar matematika. Menghitung yang mudah saja masih menjadi masalah, bagaimana bisa mengerjakan pelajaran yang lebih tinggi lagi? Di sini Matematika Detik bisa menjadi terapi,” ujar pemilik Bimbel Bina Cendikia itu.
panturabisnis.com melihat langsung bagaimana siswa-siswi SMP Muhammadiyah I Slawi bersemangat menuntaskan soal dalam TOSM. Beberapa anak terlihat memainkan jarinya untuk menghitung.

“Untuk di SMP ini, dua kali dilaksanakan. Hari ini, 80 anak. Sisanya nanti pada hari berikutnya. Dan, kami akan terus bergerak.”

Sementara itu, Ahmad Thoha Faz yang karyanya tengah dicetak penerbit Intan Pariwara dalam facebook mengapresiasi langkah PPMD.

“Salut buat PPMD (Pusat Pengembangan Matematika Detik): direktur (Arif Maulana), desainer (Hendri Lisdiantoro), litbang dan seluruh tim instruktur. Saat ini PPMD menyelenggarakan TOSM (Test of Second Mathematics) Level A1 di SMP Muhammadiyah Slawi. Hari ini adalah tahap pertama, besok tahap kedua. Salut juga sang kepala sekolah (Pa’sef) yang begitu proaktif menyambut MD.
Berikutnya, insya Allah bergulir ke sekolah-sekolah lain di Kabupaten dan Kota Tegal. Tepat, Tegal adalah laboratorium besar untuk pengembangan Matematika Detik,” tulisnya. (pb)

Komentar
Tags:
About Author: panturabisnis