fbpx

Siswa MTs Ihsaniyah Dilatih Jurnalistik

TEGAL – Untuk mewujudkan rencana pembuatan majalah sekolah, MTs Model Ihsaniyah Kota Tegal mengadakan pelatihan jurnalistik, kemarin (13/4). Bertempat di ruang kelas sekolah tersebut, sedikitnya 50 siswa MTs mengikuti pelatihan yang diisi Muh. Abduh, manajer Radar Tegal Offset yang sebelumnya menjabat sebagai pemimpin redaksi (pimred).

Kepala MTs Model Ihsaniyah Slamet Mutaqin SKom saat membuka acara pelatihan berharap para siswa bersemangat untuk belajar. Dan, selanjutnya menorehkan karyanya dalam sebuah tulisan.

“Tulisan anak-anak bisa menghidupkan mading yang sudah ada atau bisa menerbitkan buletin,” ujar dia.

Setelah dibuka kepala MTs, selanjutnya Abduh mulai memaparkan beberapa materi pelatihan. Di antaranya beberapa hal yang membuat tulisan dibaca oleh orang lain, bentuk-bentuk tulisan di media massa, struktur tulisan dan jurnalistik foto.

“Ada 13 hal yang membuat tulisan itu dibaca,” kata Abduh.

Tigabelas hal tersebut meliputi timelines, aktual, magnitude, prominence, proximity, dramatik, inovasi, human interest, unik, eksklusif, informatif, edukatif, dan elit. Abduh satu persatu menjelasnya dengan gamblang. Begitu pula saat menjelaskan materi-materi lainnya. Rupanya peserta antusias dengan ilmu tersebut. Sejumlah pertanyaan dilontarkan yang dijawab dengan baik oleh Abduh.

Dalam kata penutup, Abduh mengatakan, saat ini tidak ada lagi hambatan sarana untuk berkarya dalam bidang tulis menulis. Hambatan yang ada timbul dalam diri sendiri. Mau tidak untuk berkarya.

“Sekarang ada komputer, laptop, blog dan media sosial yang bisa digunakan sebagai sarana Anda untuk berkarya di bidang tulis menulis,” ujarnya.

Waka Kesiswaan Hafidz Shodiq Lc merasa senang dengan antusias siswa yang ikut pelatihan. Sebenarnya mereka yang merupakan siswa kelas VII dan VIII sedang libur sekolah, berkaitan dengan adanya latihan Ujian Nasional (Unas) yang ketiga bagi kelas IX. Namun mereka dengan semangat mengikuti kegiatan. Dia yang menjadi moderator acara tersebut berharap nanti sekolah bisa menerbitkan setidaknya buletin sekolah. (*)

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *