Bagi kalangan pebisnis online, tentu sudah tidak asing dengan google adsense. Bisnis periklanan dari google. Inti bisnis ini adalah anda bisa menempatkan iklan dari google di blog/situs anda. Dan, jika pengunjung blog/situs anda mengklik iklan yang mencul, disitulah anda memperoleh pendapatan per kliknya. Sudah banyak pebisnis online yang gajian dari google.

Audience Network

Nah, di facebook, sebenarnya ada yang serupa dengan Adsense, yakni Audience Network
Anda bisa mendapati Audience Network jika jalan-jalan ke developers.facebook.com. Ini yang sedang saya pelajari sambil jualan Siomey Ikan Tenggiri dan Dawet Hitam di Kedai Sodaw, di Jalan Raya Talang, Kabupaten Tegal.

Aplikasi

Anda bisa memasang Audience Network jika anda membuat aplikasi di facebook. Apamaning kiye? Jadi begini, di facebook, selain akun, ada grub, ada fanpage dan satu lagi ada yang namanya aplikasi. Ini contoh aplikasi sederhana yang saya buat, https://apps.facebook.com/muhammada… . Silakan buka. Bisa terbuka? Langkah membuat aplikasi, yang pertama adalah siapkan web yang sudah didesain dengan keinginan anda. Bisa berupa game. Web tersebut harus bisa dibuka dengan https .. tidak cuma http. Saya ulangi, https .. ada s nya.
Kalau sudah disiapkan, anda menuju developers.facebook.com. Di situlah ada tempat untuk membuat aplikasi.
Nah jika aplikasi sudah dibuat, dalam aplikasi tersebut, bisa ditambah dengan Audience Network. Apakah sudah muncul iklan dalam aplikasi saya? Ini yang masih belum bisa saya ceritakan.
Sampe di sini dulu..
Nglayani siomey ndisit

Komentar
Tags:
About Author: panturabisnis