fbpx

Sensus Ekonomi, BPS Kota Tegal Kerahkan 495 Petugas

ratna18
Ratna Sari Dewi S.ST, MM

UNTUK mengadakan Sensus Ekonomi (SE) 2016, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tegal bakal mengerahkan 495 petugas. Sebelum diterjunkan, mereka yang merupakan tenaga kontrak selama satu bulan itu akan ditraining terlebih dahulu selama 3 – 4 hari.

“Ada 1085 peserta seleksi calon petugas sensus ini. Dari hasil test, terjaring 495 peserta. Mereka lulus seleksi dan mendaftar ulang,” ungkap Kepala Seksi Statistik Distribusi BPS Kota Tegal, Ratna Sari Dewi S.ST, MM, kepada panturabisnis.com, Senin (22/2/2016).

Sensus Ekonomi 2016 digelar dari tanggal 1 hingga 31 Mei 2016. Pada tanggal 18 Maret, akan digelar apel siaga petugas sensus di Alun-Alun Kota Tegal.

“Ibu Walikota akan memimpin apel siaga ini.”

Apa yang akan ditanyakan petugas SE tahun ini? Ratna menerangkan, petugas akan menanyakan nama usaha/perusahaan, alamat usaha/perusahaan, kegiatan utama usaha, status badan usaha, jumlah tenaga kerja, jaringan usaha, nilai pendapatan usaha, nilai pengeluaran usaha, kendala usaha/perusahaan dan permodalan.

“Dalam SE ini, semua pelaku usaha bergerak di sektor ekonomi, non pertanian, yang berada di kota Tegal. Termasuk toko online,” ujarnya.

Dengan SE ini, akan didapatkan potret utuh perekonomian Kota Tegal yang bisa menjadi landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pembangunan kota Tegal.

“Karena itu, kami berharap semua pelaku usaha turut mensukseskan SE tahun ini. Kami sudah mengadakan seminar dengan peserta para pengusaha. Di tingkat pusat, juga sudah disepakati oleh para pengusaha sehingga pimpinan cabang perusahaan di daerah bisa menerima petugas SE dengan baik,” harapnya.

Hasil SE ini sangat penting, terlebih di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Pemerintah daerah bisa mengetahui pasti apakah pelaku usaha bisa bersaing atau tidak dalam MEA. (pb)

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *