SENI lukis itu ternyata tidak selalu dengan media kanvas dan cat. Seperti yang dilakukan seniman muda asal Desa Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal Mochamad Rosadi (24). Ia menekuni seni foto kayu dengan media kayu jati asli dan alat pen menyerupai gergaji triplek atau scrollsaw.

Pemuda lulusan jurusan kria kayu SMK 2 Adiwerna tahun 2009/2010 ini mulai suka foto kayu berawal dari sejak sekolah kelas satu di SMK 2 Adiwerna jurusan kria kayu.

Pertama membuat karya seni kayu adalah gantungan kunci. Setelah lulus sekolah, Sadi- nama panggilannya- memberanikan diri membuat foto kayu. Pertama foto kayu yang dibuat adalah foto Sukarno, Gus Dur dan Soeharto. Lama-lama banyak teman yang memesan hasil karyanya.

Awal mula Sadi mengerjakan semua foto kayu sendiri.  Dari foto, diedit dengan photoshop menjadi foto siluet. Lalu ditempel di media kayu. Setelah itu dibentuk sesuai pola atau diukir dengan proses gergaji triplek/scrollsaw dan bor kayu.

Dengan banyaknya pesanan akhirnya Sadi mencari teman untuk memroses pembuatan foto kayu. Dan, kini  usahanya, yang diberi nama “Potret Scroll”, ada dua seniman kayu. Hasil karyanya, wajah-wajah musisi Indonesia seperti band kotak, gitaris J.Rock Iman, dan seorang dokter terkenal di Indonesia dr Boyke pernah dijadikan cinderamata acara yang diadakan di Tegal.

Bukan hanya itu, potret scroll presiden RI dan para menteri dipamerkan di luar kota. Bahkan foto kayunya tembus sampai ke Bayern Munchen Jerman. Ceritanya, ada beberapa orang Indonesia  yang bekerja dengan orang Jerman. Di sana,  warga Jerman turut pula memesan wajahnya untuk dilukis oleh pemuda asal Jl. Gotong Royong No 17 RT 08 RW 03 Desa Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal.

”Bukan foto kayu aja yang saya garap. Ada jam kayu, tempat flesdisk kayu dan lain-lain sesuai pemesannya,” ujar Sadi.

Harga foto kayu sangat terjangkau dan murah, sesuai model ukuran dan perwajah yang dipesan konsumen. Harganya pun bermacam-macam. (bentar)

 

 

 

Komentar
Spread the love
Tags:
About Author: panturabisnis