fbpx

Sedekah Masa Mlarata

Wildan Hermawan, Penggiat sosial di dunia maya grup facebook Sisi Lain Kab Tegal (SLKT) sekaligus ketua Yayasan Gerak Sedekah Tegal (GST).

MOMENTUM bulan ramadhan sungguh sangat ditunggu-tunggu oleh semua muslim di dunia, tak terkecuali oleh Wildan Hermawan, Penggiat sosial di dunia maya  grup facebook Sisi Lain Kab Tegal (SLKT) sekaligus ketua Yayasan Gerak Sedekah Tegal (GST).

 

Di bulan yang penuh berkah semua orang berlomba-lomba melaksanakan ibadah, kedatangan bulan Ramadhan setiap tahunnya tak henti menjadi penghibur hati orang mukmin. Bagaimana tidak, beribu keutamaan ditawarkan di bulan ramadhan ini. Pahala diobral, ampunan Allah bertebaran memenuhi setiap ruang dan waktu. Semua orang memanfaatkan kemurahan Allah dalam ampunan.

 

Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Dan bulan Ramadhan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi. Dan demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin, yaitu dermawan. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan bahkan memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah. Ketahuilah bahwa kedermawanan adalah salah satu sifat Allah Ta’ala, sebagaimana hadits:

 

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

 

Dari hadits ini demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pelit dan bakhil adalah akhlak yang buruk dan bukanlah akhlak seorang mukmin sejati. Begitu juga, sifat suka meminta-minta, bukanlah ciri seorang mukmin. Bahkan sebaliknya seorang mukmin itu banyak memberi. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

 

“Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang memberi dan tangan yang dibawah adalah orang yang meminta.” (HR. Bukhari no.1429, Muslim no.1033)

 

Memanfaatkan moment ramadhan, Wildan Hermawan bersama komunitas Grup Facebook Sisi Lain Kab Tegal (SLKT) dan Yayasan Gerak Sedekah Tegal (GST) mengadakan pembagian takjil dan Alquran gratis. Takjil dibagikan di pinggir jalan dan diberikan kepada pengguna jalan sebagai makanan pembuka di jalan apabila saat waktu buka puasa tiba.  Dan Alquran diberikan kepada masjid dan musholla di wilayah Kabupaten tegal.

 

Kegiatan pembagian takjil gratis ini sudah rutin dilaksanakan selama 5 tahun oleh SLKT. Pembagian takjil dilakukan pada titik titik tertentu di jalan selama bulan ramadhan , mulai dari Kota Slawi sampai perbatasan Kota Tegal. Untuk tahun ini ditambah dengan pembagian Alquran kepada musholla dan masjid di wilayah kabupaten tegal. Jumlah Alquran yang dibagikan sekitar 1.000 buah. Dana untuk melaksanakan kegiatan ini berasal dari para donatur yang tergabung pada Grup facebook Sisi Lain Kab Tegal (SLKT) dan Yayasan Gerak Sedekah Tegal (GST).

 

Wildan hermawan, yang juga PNS pada Sekretariat DPRD Kab Tegal memegang prinsip Sedekah masa mlarata, dikandung maksud bahwa sedekah tidak akan membawa kita ke dalam kemiskinan, atau sedekah tidak akan membuat kita miskin, karena Allah menjanjikan harta dan pahala kita akan dilipatgandakan apabila kita rajin bersedekah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Apa yang dimaksud hartanya tidak akan berkurang? Dalam Syarh Shahih Muslim, An Nawawi menjelaskan: “Para ulama menyebutkan bahwa yang dimaksud disini mencakup 2 hal: Pertama, yaitu hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Maka pengurangan harta menjadi ‘impas’ tertutupi oleh berkah yang abstrak. Ini bisa dirasakan oleh indera dan kebiasaan. Kedua, jika secara dzatnya harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut ‘impas’ tertutupi pahala yang didapat, dan pahala ini dilipatgandakan sampai berlipat-lipat banyaknya.” (pb)

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *