BOTOL atau pecahan kaca yang ada di rumah anda mau diapakan? Dibuang atau dijual ke loakan? Eiit ..jangan dibuang atau dijual dulu! Coba kreasikan dengan glass painting, botol atau pecahan kaca yang semula tidak terpakai, bisa menjadi hiasan yang menawan.

Kaca Tidak Terpakai

“Botol-botol yang sudah tidak terpakai atau pecahan kaca bisa dilukis dengan seni glass painting,” ujar  Retno Wulansari saat ditemui di rumahnya di Jalan Jalak Timur No 9 Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal Seni atau kerajinan glass painting saat ini sedang digemari dan dikembangkan ibu-ibu kelompok yang dibentuk oleh wanita kelahiran Jakarta itu. Beberapa kali ia menggelar pelatihan glass painting di rumahnya, dan mengisi pelatihan yang serupa pada kelompok ibu-ibu di Kota Tegal. “Kita bagi-bagi ilmu dan pengalaman membuat kreasi seni glass painting,” kata Retno.

Ciri Khusus Glass Painting

Seni glass painting tergolong baru di Kota Tegal. Karena itu, belum ada ciri khusus glass painting di kota bahari ini. Retno sendiri masih menggali motif atau corak glass painting untuk menjadi ciri khas glass painting Kota Tegal. “Kita diminta ikut pameran di Jakarta dan harus bisa menunjukan glass painting khas kota Tegal,” ungkap Retno. Untuk membuat glass painting dibutuhkan cat khusus, bukan cat kaca biasa. Di Kota Tegal, belum ada yang menjual cat tersebut. Retno sendiri belanja cat glass painting dengan cara belanja online. “Bentuknya seperti ini,” ujar Retno sembari menunjukan satu paket cat glass painting. Satu paket berisi beberapa cat yang sudah dikemas khusus tiap satu warna. Kemasannya bulat memanjang. Secara teknis, cara membuat seni glas painting, gambar dipola dahulu ke media (botol atau pecahan kaca). Gambar bisa dijiplak dengan cara menggunakan kertas karton. Dari pola tersebut mulai dicat pinggiran gambar baru mengisi di dalamnya dengan warna cat lain. (pb)    

Komentar
Tags:
About Author: panturabisnis