fbpx

Produk Meubel Al-Barokah Jangkau Beberapa Daerah

PERTUMBUHAN perekonomian di Indonesia belakangan ini sangat pesat. Dukungan teknologi pun terus maju. Termasuk teknologi pertukangan. Hal tersebut mendorong perusahaan mebel dan furniture makin cepat meningkatkan produksi.
Seperti usaha Meubel Al-Barokah milik Munawar, yang terletak di Desa Pende Kecamatan Banjarjarjo Brebes, telah menggunakan teknologi pertukangan. Seperti mesin serut, gergaji dan bor.
Usaha yang berdiri sejak tahun 1990 itu sudah membuat produk yang beragam desain. Dalam proses produksi, ada beberapa tahapan mulai dari pemilihan bahan, pengukuran, perakitan, penyelesaian.
Meubel Al-Barokah memproduksi berbagai jenis seperti meja, kursi interior gedung, kusen, pintu, kitchen set dan almari. Bahan baku yang digunakan adalah kayu jati dan kayu non jati, seperti misalnya kayu sengon, kayu mahoni, kayu pinus, kayu nangka dan lain-lain.
Selain bahan baku kayu jati masih diperlukan tambahan beberapa bahan pembantu yang sering digunakan untuk pembuatan meubel. Antara lain, polytur digunakan untuk mempercantik penampilan meubel, alat kunci, paku, lem, engsel, dan lain-lain.
“Bahan baku dari supplier. Jumlahnya tidak tentu. Tergantung kebutuhan dan harga,” ujar Munawar saat ditemui panturabisnis.com belum lama ini.
Daerah pemasaran produk Meubel Al-Barokah menjangkau daerah sekitar, seperti Brebes dan Tegal. Produk yang dipasarkan merupakan produk berdasarkan pesanan dari konsumen ataupun distributor.

Dalam mengerjakannya, Munawar memiliki tiga tukang yang handal di bidangnya, dengan jam kerja yang dimulai dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB. Pembagian kerja berdasarkan keahlian masing-masing, seperti bagian design dan bagian lainnya, dengan sistem pembagian gaji, upah harian dan borongan.

Selain kendala modal, Munawar seringkali menghadapi kenaikan harga bahan baku, daya beli konsumen yang rendah sehingga produk yang terjual sedikit. Sementara biaya operasional semakin tinggi. (syamsul aziz/pb)

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *