SELAMA  tiga hari, dari tanggal 28 – 30 Juli 2017, sejumlah produk IKM (Industri Kecil Menengah) Kota Tegal digelar di Rita Mall Tegal. Kegiatan yang bertajuk Gelar IKM Tegal tersebut mengusung tema mewujudkan IKM yang berdaya saing. Dan berperan signifikan dalam penguatan ekonomi demi kesejahteraan masyarakat.

“Kami berusaha menggelar acara ini setiap tahun. Alhamdulillah, respon masyarakat cukup bagus,” ujar Kabid Perindustrian Khusnul Hidayati SE di sela-sela memantau kegiatan tersebut, Sabtu (29/7).

Kenalkan Produk IKM

Dari pantauan panturabisnis.com, kegiatan yang diadakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal mengikutkan banyak kelompok IKM Kota Tegal. Seperti kelompok Pratama Mandiri, Kelompok Pengolah & Pemasar (Poklahsar) Maju Jaya, dan kelompok Kerajinan Kerang. Di stand kelompok Pratama Mandiri, dipajang sejumlah produk anggota, seperti telor asin Y.S, sepatu dan shuttlecock.

Ketua Kelompok Pratama Mandiri Wargiyanto sangat antusias mengikuti acara tersebut. Pemilik usaha Telor Asin Y.S berharap, kegiatan tersebut dapat mengenalkan produk-produk IKM Kota Tegal pada masyarakat. “Semoga IKM Kota Tegal bertambah maju,” harap dia.

Di stand Poklahsar Maju Jaya, ketua kelompok tersebut, Sunan Wijaya terlihat sedang menerangkan produk olahan ikan yang dihasilkan kelompoknya. Seperti bakso ikan, nuget, otak-otak, kaki naga, keong mas, lumpia ikan.

“Silakan coba produk kami,” ujar dia.

Butuh Promosi

Sementara di stand kerajinan kerang terpajang produk kerajinan kerang yang menawan. Kerajinan kerang tersebut tergolong masih baru digeluti ibu-ibu kelompok nelayan di kota bahari ini. Untuk mengenalkan produk mereka masih butuh langkah-langkah promosi yang baik.

“Dengan kegiatan ini, produk kerajinan kerang makin dikenal masyarakat luas,” ujar Yuli dari Zaky Collection yang sedang menunggui stand.

Komentar
Tags:
About Author: panturabisnis