fbpx

Pricing (Penentuan Harga)

oleh: Ahmad Thoha Faz
Konsultan & Penyuluh Industri Kecil
Konseptor Potji.com

 

Berapa harga per porsi es dawet? Es kelapa muda? Es duren?
Bagaimana harga ditentukan?
Bagi pebisnis pemula, penentuan harga (pricing) merupakan sebuah proses pengambilan keputusan yang tidak mudah. Terlalu tinggi, konsumen bisa pergi. Terlalu rendah, bisa dipersepsi murahan.
Berapa harga yang pas?
Banyak yang salah sangka, yakni mengira harga ditentukan oleh biaya produksi. Semakin tinggi biaya produksi, harga selayaknya semakin tinggi.
Tidak. Konsumen tidak peduli biaya produksi. Konsumen berani membayar sekian karena kemanfaatan yang mereka “persepsikan”.
Mari kita perjelas dengan contoh.
Di luar kegiatan sebagai PNS, saya mengajar les matematika, fisika dan kimia, bernama SIE (Sekolah Ilmu Eksakta). Siswa yang datang ke rumah atau ke ruang belajar SIE (tampak gambar). SIE tampak tidak pernah dibuka, karena siswa per sesi hanya satu atau dua.
Berapa “harga” les di SIE per sesi (90 menit)? Harga atau “investasi pendidikan” per sesi di SIE untuk siswa baru saat ini adalah Rp 140 ribu (satu siswa) dan Rp 200 ribu (dua siswa). Dan setiap tahun naik berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu. Jelas nominal itu boleh jadi tertinggi di Kota Tegal dan sekitarnya.
Padahal saya tidak berprofesi sebagai guru. Saya hanya guru “ilegal”.
Mahal? Mahal atau murah itu sekali lagi berkaitan dengan kemanfaatan yang dipersepsikan. Buktinya loyalitas siswa SIE sangat tinggi dan terus menular. Bahkan seringkali ada siswa yang belajar mulai jam 5 pagi, ba’da subuh, karena jadwal penuh.
Hati-hati, jangan ditiru mentah-mentah. Semua ada ilmunya. Penentuan harga yang salah merupakan salah satu jalan tercepat menuju kebangkrutan.
Kualitas itu yang utama!
Ini hanya secuil. Banyak pengetahuan lain yang perlu dipelajari dan praktikkan. Apapun penentuan harga seharusnya merupakan kemampuan dasar bagi seorang pelaku usaha kecil.
Semoga bermanfaat.

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *