HARUS diakui Potji.com “Portal Tegal Jepangnya Indonesia” masih bayi. Begitu banyak yang harus dirombak dan disesuaikan. Lebih dari itu, Potji.com tidak banyak berguna apabila lingkungan tempatnya tumbuh tidak kondusif.

“Jika masyarakat Tegal, khususnya UKM tidak siap, buat apa membuat e-commerce?” tanya dosen penguji pada seminar skripsi tentang Potji.com oleh Oriza Wahyu Utami di Teknik Industri UNDIP.

“Secara umum IKM tidak pernah siap. Jadi yang tepat pertanyaannya adalah bagaimanakah IKM bisa dipersiapkan menyongsong MEA dan era digital? Promosi online merupakan kebutuhan penting dan mendesak bagi ribuan IKM di Kabupaten Tegal. Mengapa tidak segera dibuat?”

Secara formal, memang misi Potji.com hanya berkaitan dengan promosi online. Itu misi sempit. Jika hanya jalankan misi itu Potji.com akan kerdil, bahkan akan segera mampus. Ibarat pohon bagus yang ditanam di tanah yang tandus.
Maka Potji.com, bekerjasama panturabisnis.com, KNPI dan sebagainya, juga menjalankan misi luas, yaitu gerakan melek internet marketing. Yaitu supaya masyarakat luas sadar akan pentingnya internet marketing. Potji.com akan semakin efektif jika UKM memiliki website sendiri.

Saat ini mulai gerakan melek internet marketing mulai berdampak. Sejumlah pelaku IKM mulai membuat website sendiri, salah satunya kacangbogares.com. Selain itu, seminar internet marketing mulai berkecambah.

BERLIAN YANG TERSEMBUNYI

Sebelum ada Potji.com dan panturabisnis.com, masyarakat Tegal mana yang tahu kacamata kayu “ReWood” dan pengusahanya (Imam Khifni)? Minuman coklat “CocoHut” dan pengusahanya (Dede Sulaiman)? Abon lele “LeleQu” dan pengusahanya (Nopi Sugiyanto)? Tidak banyak. Meski mereka begitu dikenal di tempat lain, di Tegal tidak.
Mereka adalah sejumlah pionir internet marketing di Tegal. Dengan kerendahan hati mereka, dan semangat berbagi ilmu, masyarakat Tegal cepat menyadari manfaat internet marketing.

Mereka awalnya tersembunyi. ReWood, misalnya, sudah dikunjungi pengusaha asal Singapura. Namun masyarakat Tegal tidak banyak yang tahu. Potji.com mengangkat produk kacamata kayu dan Rewood di tengah masyarakat Tegal. Bukan hanya tentang internet marketing melainkan juga tentang pentingnya kualitas. (pb)

Komentar
Tags:
About Author: panturabisnis