Kepala Disperindag Kab. Tegal memberikan laporan.

Wabup tabuh gong tanda launching potji.com dan pencanangan Kampung UKM Digital

Gongg…goongg ..gooongg!

WAKIL Bupati Tegal Dra Hj. Umi Azizah menabuh gong tiga kali sebagai tanda launching potji.com dan pencanangan Kampung UKM Digital, Kamis (26/5/2016). Suara gong disusul tepuk tangan para tamu undangan yang duduk di deretan kursi dalam gedung Dadali, Kompleks Setda Kab. Tegal.

Sebelum menabuh gong, dalam kata sambutannya, Wakil Bupati memberikan apresiasi kepada Disperindag, KADIN, mahasiswa dan semua pihak yang telah berpartisipasi mewujudkan potji.com.

“Apresiasi khusus untuk Mas Thoha,” ujar Wabup.

Wabup sedikit menceritakan awal nama potji.com, portal Tegal jepangnya Indonesia. Potji juga gampang diinget karena sangat dekat dengan tradisi masyarakat kabupaten Tegal yang suka moci.

“Saat rembugan dengan mas Thoha, pakailah nama potji, portal Tegal jepangnya Indonesia. Potji.com ini menjadi wahana yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha di kabupaten Tegal. Harapan kami, potji.com tidak hanya meningkatkan, tetapi juga melejitkan perekonomian masyarakat kabupaten Tegal.

 

Lubby Masfar Muzetha

Oriza Wahyu Utami

Pada acara launching yang dimulai pukul 08.00, diputar video acara Big Bang Show Kompas TV yang menghadirkan Imam Khifni, pemilik usaha kacamata kayu yang merupakan warga Karanganyar Dukuhturi Tegal. Selanjutnya pemaparan oleh Lubby Masfar Muzetha, mahasiswa S1 Ilmu Komputer UI yang telah membawa potji.com dalam ajang bergengsi, lomba Incode Design dengan mengusung tema melejitkan potensi IKM Kabupaten Tegal melalui open data. Oriza Wahyu Utami, mahasiswi Teknik Industri UNDIP juga diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitian tentang potji.com. Sementara 4 mahasiswa STIMIK YMI Tegal yang telah mendesain ulang website potji.com menerangkan bagaimana cara mendaftar dan pasang produk di potji.com.

“Para pengusaha harus punya email untuk mendaftar ke potji.com. Kalau pendaftaran sudah diverifikasi, pengusaha bisa memasang produk sendiri ke dalam potji.com. Mengisi data produk, alamat, nomor telp atau hp, menulis deskripsi produk dan harga. Foto produk dikirim jangan hanya satu,” terangnya.

Kepala Disperindag Kab. Tegal Ir Bambang Susanto MM melaporkan berbagai kegiatan Disperindag yang dilakukan pihaknya untuk kemajuan industri di Kabupaten Tegal.

“Baru saja kita kirim pengusaha ke Malang untuk studi banding kemasan produk.”

Potji.com, lanjut Bambang, menjadi sarana promosi secara online untuk pengusaha UKM/IKM di Kabupaten Tegal. Agar website tersebut makin dipercaya, produk yang ditampilkan dalam potji.com diverifikasi lebih dahulu.

WAJAH KADIN

Rangkaian acara lounching potji.com dan pencanangan Kampung UKM Digital diisi dengan perkenalan Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Tegal masa bhakti 2016 -2021. Satu persatu pengurus maju dan foto bersama. Secara lengkap susunan Dewan Pengurus KADIN Kab. Tegal sebagai berikut:

SUSUNAN DEWAN PENGURUS
KAMAR DAGANG DAN INDUSTRI (KADIN) KABUPATEN TEGAL
MASA BAKTI 2016-2021

Ketua : H. Fatchudin Rosyidi,SH
Wakil Ketua Keorganisasian dan Kelembagaan : H. Moch. Amin, SE Akt

• Komite Tetap Pengembangan Organisasi, Pengembangan Organisasi dan Kelembagaan :
1. Kristy Haryani, A.Md

• Komite Tetap Pemberdayaan KADIN, Pengembangan Dana dan Perbendaharaan :

1. Ir. Hisyam Murtadho, MT
2. Eny Rosanti, SE

Wakil Ketua SDM, Sistem Sertifikasi Kompetensi dan Etika Usaha: Hartono,SE
• Komite Tetap Pengembangan SDM, Ketenagakerjaan dan IPTEK:
1. M. Ersal Aburizal, ST, MT
2. Ahmad Thoha Faz, ST

• Komite Tetap Advokasi Hukum dan Etika:
1. Agus Miftah, SH, M.Hum

Wakil Ketua Kerjasama Perdagangan, UMKM dan Koperasi : H.Abdurokhman,SE
• Komite Tetap Perdagangan dan Jaringan Usaha:
1. H. Faizin
2. H. Dimyati

• Komite Tetap Pembinaan UMKM dan Koperasi:
1. Drs. H. Sudardi

Wakil Ketua Investasi, Industri dan Kewirausahaan : H. Ivan Kurniawan, SE, MT
• Komite Tetap Pengembangan Investasi dan Industri:
1. H. Sukhaimi
2. Ahmad Holid

• Komite Tetap Pengembangan Ekonomi dan Kewirausahaan:
1. Edy Syamsudin, SE

Ketua KADIN Kab. Tegal H. Fatchudin Rosyidi, SH dalam kata sambutannya menegaskan kembali bahwa pihaknya telah sepakat kerja sama dengan Telkom untuk mencanangkan Kampung UKM Digital. “UKM adalah salah sektor yang mampu bertahan di tengah perkembangan ekonomi dunia. Pada era teknologi yang terus berkembang, pelaku UKM juga harus mampu mengikuti perkembangan teknologi itu.”

Usai sambutan ketua KADIN, diputar pula video Kampung UKM Digital dari Telkom. (pb)

 

Pengurus KADIN Kab. Tegal mendapat ucapan selamat.

 

Komentar
Spread the love
Tags:
About Author: panturabisnis