Matematika Detik merupakan karya inovatif putra asli Kabupaten Tegal, Ahmad Thoha Faz. Titik awalnya adalah buku Titik Ba (Mizan, 2007). Sebuah karya intelektual yang mendapat pujian dari sejumlah tokoh nasional termasuk rektor ITB, PP Muhammadiyah dan PBNU.

Selama hampir satu dasawarsa, dari terbitnya Titik Ba hingga saat ini, secara konsisten dan penuh waktu Thoha berusaha “menerjemahkan” karyanya. Hingga dapat bermanfaat nyata bagi reformasi pendidikan. Selama beberapa tahun (2008-2014), Utomo Dananjaya, tokoh pendidikan terkemuka yang saat itu menjabat direktur Institute for Education Reform (IER) Universitas Paramadina, membimbing proses tersebut hingga akhir hayatnya.

Matematika Detik Diterbitkan PT Intan Pariwara

Melalui proses sangat panjang, berdasarkan studi teoretis maupun empiris, akhirya Matematika Detik dilirik oleh penerbit nasional. Yaitu PT Intan Pariwara. Direncanakan, berdasarkan Surat Perjanjian Penerbitan, Matematika Detik akan diterbitkan secara bertahap dalam 5 (lima) seri, yaitu Inspirasi, Fondasi & Garis Besar, Level A: Baca Angka Secepat Baca Kata, Level B: Otak Bukan Kalkulator, Level C: Berpikir Sebelum Bicara, dan Level D: Rekatkan! Ciptakan!.

Dengan dasar teori yang kuat, Matematika Detik adalah karya aplikatif yang tidak statis. Garis besarnya sudah selesai tapi rincian kecilnya terus berkembang. The devils are in the details. Oleh karena itu, mengembangkan dan menyebarluaskannya, telah dibentuk Pusat Pengembangan Matematika Detik (PPMD.) Yang menjadikan Kabupaten dan Kota Tegal sebagai laboratorium raksasa. Maksudnya, Matematika Detik— terutama saat ini adalah level A1 — akan diperkenalkan diperkenalkan ke SD dan SMP di seluruh Tegal. Dan, sekaligus untuk mendapatkan umpan balik yang sangat berguna bagi perbaikan selanjutnya.

Matematika Detik membongkar dan berusaha mengatasi masalah pendidikan yang sangat dasar. Dan, sekaligus sangat merata. Oleh karena itu, film merupakan media yang sangat tepat, untuk membangkitkan kesadaran awal. Karena, ia mudah diterima oleh masyarakat seluas-luasnya.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.matdetik.android&hl=en

Komentar
Tags:
About Author: panturabisnis