SEJUMLAH pengurus Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) di Kabupaten Brebes mengikuti pelatihan membuat blog wordpress di Ruang Operation Room Komplek Setda Kab. Brebes. Sabtu (19/11/2016). Kegiatan yang digelar oleh program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) menghadirkan narasumber dari Tegal, yaitu M. Abduh, owner panturabisnis.com.

Koordinator KOTAKU Kab. Brebes Bambang Rudihartono, SE menuturkan maksud diadakan pelatihan tersebut. Di antaranya untuk menambah wawasan pengurus BKM mengenai perkembangan teknologi internet. Disamping bisa secara teknis membuat dan mengelola blog yang tentunya diharapkan menjadi media promosi bagi BKM.

“Hari pertama ini, khusus untuk berlatih membuat blog.”

Saat menyampaikan materi, M. Abduh yang pernah menjadi pimred Radar Tegal tahun 2008 – 2015 menuturkan, wordpress adalah perangkat lunak blog yang paling banyak digunakan. Pengguna dapat melakukan pendaftaran dan dapat langsung memiliki blog atau situs tanpa perlu bantuan dengan hal-hal teknis yang berhubungan dengan bahasa pemograman web.

“Syarat membuat blog ini, yang penting punya email yang aktif dan jaringan internet,” ujar pria yang juga bisnis percetakan itu.

Selanjutnya Abduh menerangkan secara teknis pembuatan blog dengan wordpress. Dari sign up hingga cara mendesain dan mengelola blog. Termasuk penggunaan media sosial facebook untuk mempromosikan blog.

“Dengan blog ini, anda bisa dengan mudah mempromosikan usaha atau kegiatan anda. Apalagi di era internet dan media sosial yang kini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat.” (pb)

Komentar
Spread the love
Tags:
About Author: panturabisnis