rewoodDUA perajin kayu asal Kabupaten Tegal berkesempatan memamerkan produknya di event bergengsi, IFFINA (International Furniture & Craft Fair Indonesia), selama empat hari di Jakarta Convention Center ( JCC ) Senayan, Jakarta. Dua perajin itu adalah Imam Khifni, owner kacamata kayu “rewood” dan Fatkhuri, owner Tunggak Jati Craft “J’root”.

Lewat facebooknya, kedua perajin tersebut mengungkapkan kesan dan pesan mengikuti IFFINA. Berikut ini torehan status Imam Khifni dalam dinding FBnya:

Alhamdulillah…dari 4 hari, bisa ikut mejeng event sekelas IFFINA itu luar biasa dan saya bisa ikut mendampingi ( 1/2hari )x 2, bolak balik jakarta-tegal. Terbayar rasa capainya.
Sukses? Bisa iya bisa tidak. Secara penjualan, jauh lebih sukses dengan jualan lewat online dengan cuma koloran di rumah. Yang bisa kita petik dari event ini adalah,
Ternyata produk-produk kreatif, terutama dari kayu itu sangat-sangat beragam dan kalau di lihat, orang-orang tegal itu banyak yang bisa menghasilkan produk-produk kreatif dari kayu tersebut. Tidak sedetail Kacamata Kayu.
Kurang lebih 3 tahun lalu saya pernah memberi saran ke teman-teman pengrajin, untuk membuat sebuah jam tangan kayu agar tegal bisa lebih beragam produknya, jangan cuma rewood dengan kacamata kayunya. Karena waktu itu rewood juga lumayan banyak permintaan di jam tangan kayu tapi karena saya ingin lebih fokus dan maksimal di produk kacamata kayu, akhirnya tidak saya follow up. Ternyata rata-rata penginnya seperti produknya rewood, biar bisa masuk tipih katanya. Hehehehehe, dan juga belum ada pasarnya kalau jam tangan atau produk kreatif lainnya.
Kalau….ini kalau y, waktu itu temen-temen ikuti saran saya. Mungkin event sekelas IFFINA atau INACRAFT, tegal bisa menampilkan banyak jenis produk. Bisa dari kayu atau bambu.
Mudah-mudahan evaluasi ini bisa dibaca oleh pengrajin-pengrajin tegal yang hebat-hebat.
Ini saya tampilkan beberapa foto, yang satu produk jam tangan kayu yang dulu pernah dikerjakan tapi batal diteruskan dan satunya produk kreatif dari bambu, hasil karya seorang teman di jawa barat yang sama-sama di undang oleh Andy F Noya.
Furniture dan Craft itu masih sangat besar potensi pasarnya. Kembangkan kreatifitas pengrajin-pengrajin tegal. Ayooo….maju bersama.
jrootSementara Fatkhuri memberikan catatan dalam FBnya:

Data di trend google trafic untuk produk woodcraft secara umum trendnya menurun, alhamdulillah kebetulan pada beberapa item product woodcraft J’ROOTS Craft justru grafik trendnya malah naik, khususnya untuk Eyewear Wooden frame# Wooden case poncel dan bbrapa item Wooden kitchenware….di Exhibisi IFFINA 2016 adalah petualangan baru untuk mengenalkan produk woodcraft Tegal Jateng kh
ususnya dan produk dari tmn” Ukm yg lain pada umumnya di pasar global,…kpd Bp Bagus Andris Lesmana dan staf Exhibisi Grand Java Furnitur dari Jatim sy ucapkan terimakasih atas smuanya ,tak lupa Ibu Diyah Dyah Marfianty praktisi export craft dari Jateng sy ucapkan banyak terimakasih atas perhatiannya pada craft Kami…., salam sukses buat smua tmn” yg telah mensupport J’ROOTS CRAFT.
(pb)

 

 

Komentar
Spread the love
Tags:
About Author: panturabisnis