fbpx

Masir, Telor Asin Tegal Y.S Digandrungi Konsumen

TRUK yang membawa ikan menuju ke Jakarta terguling. Semua ikan dijarah. Hanya tersisa satu blong (wadah ikan). Peristiwa yang terjadi tahun 2004 itu mengakhiri usaha milik Wargiyanto, warga Jalan Tawes III Tegalsari.

“Modal habis saat itu,” ujar Wargiyanto saat ditemui di rumahnya.

Tidak Patah Semangat

Kehabisan modal tidak membuatnya patah semangat untuk membuka usaha baru. Sebagai wiraswastawan, Warsiyanto sudah berkali-kali berganti usaha. Semula ia menggeluti usaha kemasan. Saat krisis, tahun 1998, ia tidak bisa melanjutkan usaha perhiasan tersebut. Sebab, harga bahan baku kemasan tidak terjangkau. Kemudian berganti usaha pembuatan jaring ikan. Dan berganti lagi. Ia join usaha kapal namun akhirnya kapal tenggelam. Akhirnya dilanjutkan dengan usaha pengiriman ikan.

“Setelah peristiwa truk ikan terguling dan dijarah, kemudian mikir usaha apa lagi yah.”

Usaha Telor Asin Y.S

Terbetiklah usaha telor asin Tegal. Selama ini telor asin dikenal sebagai produk makanan dari Brebes. Padahal menurut Wargiyanto, telor bebek yang dibuat untuk menjadi produk telor asin berasal dari Kota Tegal.

“Dalam pameran yang diselenggarakan Pemkot Tegal, dulu ada produk telor asin, tetapi yang dipajang telor asin Brebes. Dari situ, saya membuat telor asin Tegal,” tutur pria kelahiran tahun 1958.

Sebelumnya sangat jarang yang berani mencantumkan Tegal dalam produk telor asin. Pengusaha telor asin di Tegal saat itu lebih senang memakai nama Brebes. Alasannya, produk telor asin Brebes lebih dikenal.

“Mereka takut tidak laku kalau memakai nama telor asin Tegal.”

Telor Asin Y.S Digandrungi Konsumen

Dengan percaya diri, Wargiyanto memasarkan telor asin Tegal dengan kualitas yang lebih baik daripada lainnya. Lebih masir.Benar saja, telor asin produknya yang diberi nama Y.S makin digandrungi konsumen. Sedikitnya 10 warung makan sudah menjadi pelanggannya.

“Untuk memenuhi konsumen, tiap hari memasak 200 hingga 300 telor,” ujar dia.

Warsiyanto masih menggunakan cara lama atau tradisional dalam membuat telor asin Y.S itu. Yaitu, menggunakan adonan batu bata. (*)

Data IKM Telor Asin Y.S

  • Nama : Wargiyanto
  • Tempat/Tgl Lahir : Tegal/ 11 Januari 1958
  • Alamat : Jalan Tawes III Tegalsari, Kota Tegal
  • No HP : 085642832288
  • Bidang Usaha : Telor Asin Tegal
Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *