fbpx

Koalisi A – B – G in Action

Sejak 1997, SMK Negeri 2 Adiwerna memiliki program studi desain dan produksi kriya kayu. Sebagai produk kerja industri (prakerin), siswa tersebar ke pelosok Tegal dan luar Tegal.

“Berbeda dengan logam dan furniture, untuk mencari tempat magang kerajinan kayu itu tidak mudah. Maka prakerin sampai ke Jogja. Padahal siswa yang prakerin di luar Tegal biasanya keberatan. (Karena) biaya hidup jadi mahal,” ungkap Teguh Sugeng P, ketua bengkel kriya kayu.

Pernyataan Teguh dikuatkan oleh Rofiudin, kepala program studi desain dan produksi kriya kayu yang juga pimpinan BKK (Bursa Kerja Khusus) SMK Negeri 2 Adiwerna. Rofiudin berharap industri kerajinan kayu di Tegal lebih aktif menyerap lulusan SMK.

KENAL KACAMATA KAYU?

Pada kesempatan itu, panturabisnis.com menceritakan ReWood, industri kerajinan kacamata kayu dari Tegal yang sedang mendunia. Kenal? Ternyata tidak ada guru SMK Negeri 2 Adiwerna yang kenal. Padahal pengusaha dari Singapura sudah mendatangi ReWood.

Beberapa waktu lalu, kepada panturabisnis.com, ReWood menyatakan keinginan supaya siswa SMK bisa magang di tempatnya. “Selama ini proses produksi sangat bergantung pada satu orang, Pak Yani. Kami sangat memerlukan tenaga terampil. Sehingga ke depan, kapasitas produksi lebih besar dan lebih lancar,” kata Imam Khifni. Oleh karena itu, panturabisnis.com berupaya menjembatani kerja sama ReWood dengan SMK Negeri 2 Adiwerna.

“Ayo buat MoU,” kata kepala SMK Negeri 2 Adiwerna, Drs.AR Hartono,MMPd, kepada panturabisnis.com.

Koalisi A (Academician, SMK Negeri 2 Tegal), B (Businessmen, Rewood JavaCraft) dan G (Government, Dinas Perindustrian dan Perdagangan) yang difasilitasi panturabisnis.com dalam waktu dekat segera terwujud. Semoga (pb)

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *