fbpx

Kemampuan Siswa Operasikan CNC Milling Diuji

SEORANG siswa duduk di hadapan juri. Ia memperhatikan salah satu juri yang tengah mengukur sebuah logam. Bentuknya persegi empat namun sudah dibentuk sedemikian rupa. Seperti sudah “dibubut”. Itulah hasil karya salah satu siswa SMK yang ikut dalam Lomba Kompetensi Siswa CNC milling .
“Dalam lomba ini, siswa diberi gambar 2D, lalu mengoperasikan mesin CNC untuk mewujudkan gambar tersebut,” tutur Eko Supriyanto, kepala UPTD Laboratorium Disperindag Kabupaten Tegal yang menjadi salah satu juri lomba tersebut, kepada panturabisnis.com di sela-sela lomba, Rabu 16 September 2015.
“Ini seperti bagaimana menggarap pesanan konsumen. Produk yang dihasilkan harus memuaskan,” tambah Suherman, assessor dari Bandung yang juga menjadi juri.
Suherman, yang akrab dipanggil Pak Unang, menilai kemampuan siswa dalam CNC Milling cukup bagus. Itu menggambarkan bagaimana guru dalam mendidik dan memberikan kemampuan pada anak.
Sedikitnya 16 sekolah dari Jawa Tengah ikut ambil bagian dalam lomba yang diadakan Propinsi Jateng. Dari Tegal, ada wakil dari SMK N 1 Adiwerna Kabupaten Tegal dan SMK Dinamika Kota Tegal. Kegiatan tersebut diadakan selama tiga hari, dari tanggal 14 September hingga 17 September 2015. UPTD Tahun ini, Laboratorium Disperindag Kabupaten Tegal menjadi salah satu tempat lomba.
“Yang berhasil menjuarai lomba ini, akan maju ke tingkat nasional.”
MESIN CNC
Mesin CNC adalah suatu mesin yang dikontrol oleh komputer dengan
menggunakan bahasa numerik (data perintah dengan kode angka, huruf dan
simbol) sesuai standart ISO.
Sistem kerja teknologi CNC ini akan lebih sinkron antara komputer dan mekanik, sehingga bila dibandingkan dengan mesin perkakas yang sejenis, maka mesin perkakas CNC lebih teliti, lebih tepat, lebih fleksibel dan cocok untuk produksi masal.
Dengan dirancangnya mesin perkakas CNC dapat menunjang produksi yang
membutuhkan tingkat kerumitan yang tinggi dan dapat mengurangi campur
tangan operator selama mesin beroperasi. (pb)

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *