fbpx

ITB Siap Mendukung Potji.com

“Pengumuman kesempatan Kerja Praktek / Tugas Akhir telah disebarkan,” kata Dr.Eng.Yosi Agustina Hidayat, dosen Teknik Industri ITB kepada panturabisnis.com.

Wanita dengan seabreg prestasi, antara lain Nominee of 2014 Indihome Woman Scientist & Technologist dan National Fellowship Award L’OREAL-UNESCO for Women In Science 2013, mengarahkan pengumuman tersebut terutama kepada para mahasiswa/mahasiswi yang berjiwa nasionalis. Predikat semacam itu perlu disebutkan, mengingat tidak banyak mahasiswa khususnya ITB yang tertarik untuk membangun daerah. Teknik Industri ITB, sebagai contoh, secara keilmuan lebih dekat ke urusan perusahaan besar daripada jutaan industri kecil yang tersebar di seluruh tanah air. Siapa yang peduli dengan mereka?

“Dulu, beberapa dosen Teknik Industri ITB sering ke Tegal, sebagai konsultan kerjasama Jepang dan Indonesia. Namun sayangnya terhenti, terutama karena birokrasi Tegal tidak siap. Mudah-mudahan Potji.com menjadi bisa membangkitkan kembali kolaborasi ITB-Tegal,” kata Ahmad Thoha Faz sebagai konseptor Potji.com.

Setelah dengan STMIK YMI Kota Tegal, Universitas Diponegoro dan Universitas Indonesia, Potji.com memandang perlu kerjasama dengan ITB. Pertama, ITB adalah gudangnya pemikir teknologi terkemuka di Indonesia. Kedua, ITB dan Tegal memiliki kenangan masa lalu terkait slogan “Tegal Jepangnya Indonesia”.

Riset per tema, misalkan standardisasi bahan baku alumunium, bisa menelan anggaran ratusan juta rupiah. Mahal. Masalah biaya penting, namun ada yang lebih penting. Pertama, riset harus berkelanjutan. Kedua, riset harus disosialisasikan.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Tegal seharusnya tidak sungkan-sungkan untuk menjalin kerjasama berkelanjutan dengan kampus-kampus besar. Mengundang mahasiswa dan dosen di sana, terutama yang berasal dari Tegal. Ini penting, karena masalah penerapan teknologi selalu terkait dengan budaya,” kata Thoha kepada panturabisnis.com. (pb)

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *