dede2LUAR-biasa! Kata itu sungguh tepat menggambarkan suasana sarasehan bertema internet marketing di kantor DPD KNPI Kabupaten Tegal. Man of the match acara itu tentu saja Dede Sulaiman, produsen minuman coklat Choco Hut dan Chocote. Berbicara setelah pembicara dari KNPI, Dinas Perindag, Dinas Koperasi, UKM dan Pasar serta Dinas Hubkominfo, pemuda kelahiran 1987 itu menyihir audiens. Kehadiran praktisi tulen membuat internet marketing terasa sebagai solusi yang begitu dekat dan konkret.
Memang pada setiap acara berkaitan dengan internet marketing, manajer pojti.com Akhmad Thoha Faz berupaya selalu menghadirkan seorang praktisi tulen. Biasanya adalah Imam Khifni, produsen kacamata kayu Rewood. Kebetulan lulusan Teknik Sipil UGM itu sedang mengikuti pameran di Jakarta Convention Center (JCC), sehingga Thoha memutar otak untuk menemukan tokoh lain yang tidak kalah moncer.
Tiba-tiba muncul pesan di akun Facebook, dari Dede Sulaiman Rich. Pemuda yang pernah diundang berbicara di Program MBA ITB tersebut ingin dipertemukan dengan produsen kerajinan kayu. Segera, besok pagi Thoha meluncur ke pabrik Choco Hut di Desa Grogol, Kecamatan Dukuhturi.
“Bagaimana kalau kita adakan roadshow internet marketing ke seluruh Tegal?” tantang Thoha atas nama Potji.com, yang disambutnya antusias. Pada acara sarasehan itu, Thoha sampaikan hal yang sama ke ketua KNPI Syamsul Falah dan ketua komisi V Ersal Aburizal.
SINERGI 2+1 SKPD,
Pada acara yang digelar dari pukul 14.00 sampai 17.00 itu, sebagai utusan Dinas Perindag, Thoha menyerahkan satu kardus kecil Choco Hut kepada sekretaris Dinas Koperasi, UKM dan Pasar, disaksikan oleh ketua DPD KNPI. Sederhana tapi sangat penting, karena sinergi dua SKPD yang membidangi IKM/UKM itu sangat diharapkan, termasuk guna menggerakkan internet marketing di Kabupaten Tegal.
“Internet market sangat penting. Saya melihatnya sendiri dari jarak dekat, yaitu pada bisnis anak saya,” kata Afifudin, sekretaris Dinas Koperasi, UKM dan Pasar.
Alan, dari Dishubkominfo, membuka wawasan peserta tentang seluk-beluk internet marketing, terutama dari sisi teknologi internetnya. Hanya disayangkan admin tegalkab.go.id itu masih salah persepsi dengan potji.com yang dianggapnya sebagai situs e-commerce.
“Berbeda dengan produk fisik seperti jembatan, produk digital mudah diubah dan sudah seharusnya terus berubah. Begitu juga potji.com akan terus diperbaiki,” jawab Thoha singkat menjawab keraguan peserta pada tampilan potji.com saat ini.

“Kami sedang bekerja sama dengan dosen dan mahasiswa Ilmu Komputer UI, mahasiswi Teknik Industri UNDIP dan STMIK YMI untuk perbaikan potji.com,” pungkasnya. (pb)

Komentar
Spread the love
Tags:
About Author: panturabisnis