fbpx

Heru: Reservasi melalui Online Meningkat 100 Persen

BPC PHRI Kabupaten Tegal Gelar Rakercab

SLAWI – Penggunaan internet atau online tidak bisa ditawar lagi. Termasuk dalam pengembangan usaha perhotelan dan restoran. Demikian ditegaskan Ketua BPD PHRI Jawa Tengah Heru Isnawan saat memberikan sambutan dalam rapat kerja cabang (Rakercab) Badan Pimpinan Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Tegal, Selasa (15/11/2016), yang digelar di Hotel Permata Inn. Karena itu, ia berharap secepatnya para pelaku bisnis hotel dan restoran menyesuaikan diri dengan perkembangan IT.

“Di tempat kami, reservasi melalui online travel agent meningkat 100 persen,” ungkap dia.

Selain IT, ada dua hal lainnya yang menurut Heru menentukan perkembangan dunia bisnis hotel dan restoran. Yakni, regulasi dan SDM. Secara regulasi, pemerintah dinilai Heru sudah cukup memberi perhatian terhadap pembangunan kepariwisataan. “Kabupaten Tegal akan dilalui jalan tol. Ini perlu disikapi dengan baik. Harus bisa ambil momentum. Transportasi lancar, kalau di daerah tidak ada yang menarik, mereka jalan terus. Karena itu harus ada upaya bersama bagaimana “menjual” kota,” ujar dia.

Mengenai SDM, Heru berharap pelaku bisnis hotel dan restoran merekrut SDM yang memiliki pendidikan dan kompetensi yang baik. Karena, hotel dan restoran adalah industri keramahtamahan. “SDM terus dibekali dengan sikap yang ramah dan siap membantu.”

Sebelumnya, Ketua Panitia Racercab Asikhin dalam kata sambutan menyampaikan maksud diadakannya Rakercab BPC PHRI Kab. Tegal. Di antaranya, menjalankan agenda organisasi, menilai dan mengevaluasi perjalanan organisasi sebagai dasar pijak keberlanjutan organisasi ke depan, pembahasan dan mengesahkan program kerja pengurus BPC PHRI Kabupaten Tegal dan merevisi susunan kepengurusan BPC PHRI Kab. Tegal.

“Rakercab ini menjadi media untuk menyamakan persepsi dan membentuk program kerja bersama guna meningkatkan usaha. Dalam hal ini adalah usaha dalam bidang hotel, restoran, jasa boga dan jasa pangan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua BPC PHRI Kab. Tegal Agus Budianto mengungkapkan beberapa capaian program kerja yang telah dilaksanakan organisasinya dalam kurun waktu 26 April 2016 hingga 15 November 2016. Antara lain, berjalannaya rapat rutin bulanan, pengembangan pariwasata Kab. Tegal, talk show Slawi FM, Slawi Great Sale, kunjungan ke SMK (Par) Muhammadiyah Slawi, audiensi dengan bupati, table top PTE, kunjungan ke kepala Disparbud, studi banding ke kepulauan Seribu dengan Disparbud, sosialisasi tentang penanganan orang asing, pembinaan dan pengawasan hygiene sanitasi hotel, rumah makan dan restoran, pemilihan duta wisata dan pelatihan home stay.

“Selama enam bulan, tentu menghadapi kesulitan-kesulitan. Namun hal itu tidak mengurangi semangat pengurus PHRI Kab. Tegal untuk menjalankan program kerja,” ujarnya. (pb)

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *