fbpx

Gurihnya Promosi di Internet dan Medsos!

Dede Sulaiman, M. Abduh, dan Imam Khifni dalam Seminar Marketing Online

DUA pebisnis online asal Tegal, Imam Khifni dan Dede Sulaiman Rich, kemarin buka rahasia kesuksesannya. Keduanya tak sungka berbagi langkah dan tips berbisnis online dalam seminar Marketing Online yang digelar GEMA Production di SMKN 2 Adiwerna, Kab. Tegal.

Moderator seminar, M. Abduh, owner panturabisnis.com memberi kesempatan pertama kepada Imam Khifni, pemilik usaha kacamata kayu yang sudah beberapa kali masuk program televisi swasta nasional. Pada kesempatan tersebut, warga Karanganyar Kab. Tegal itu mengawali dengan cerita singkat awal merintis usaha kacamata kayu yang diberi nama rewood.

“Awal mbikin kacamata kayu ya dicibir,” ujar Imam.

Cibiran tersebut tidak membuatnya patah arang. Ia tetap produksi kacamata kayu, meski belum diterima pasar. Situs kacamatakayu.com terus ia gencarkan melalui internet. Termasuk melalui youtube. “Pembeli pertama dari Singapura melihat dari youtube. Dan, sampai saat ini sudah beberapa kali datang ke showroom kacamata kayu.”

Imam mengungkapkan, pada keyword kacamata kayu, situs kacamatakayu.com kini sudah nangkring di halaman satu di google.com. “Jika anda ketikan kacamata kayu di google engine, pasti ketemu kacamatakayu.com di halaman pertama.”

Posisi situs di halaman google.com itu memang sungguh penting bagi situs bisnis online. Imam Khifni memberi beberapa tips agar bisa nembus di halaman satu. “Manfaatkan semua fasilitas yang ada di google, seperti google trend, google map, google image dan lainnya. Semua bisa digunakan gratis,” ungkapnya yang kemudian menerangkan satu persatu fungsi dan manfaatnya.

“Terus terang saya masih memanfaatkan yang gratis-gratis,” tambahnya.

Berbeda dengan Imam Khifni, Dede Sulaiman Rich memaparkan langkah dan tips menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, WA, untuk memasarkan suatu produk. Ia mengawali dengan data pengguna internet di Indonesia yang berada pada posisi keempat di Asia. Ia juga memaparkan data pengguna medsos.

“Gurih sekali promosi di medsos,” ujar pemilik usaha Chocohut itu.

Dede memang handal dalam memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya. Termasuk beriklan di facebook. Ia juga berani membayar artis untuk mengendorse produksnya. “Dengan beriklan di facebook, bisa menarget pasar.”

Setelah kedua pembicara memasarkan materi, ada pembagian doorprize, persembahan dari kaos Galgil, sepatu Prohana dan Hilsan Furniture. Tiga peserta mendapatkan kaos Galgli, lima peserta meraih sepatu Prohana dan satu peserta mendapat satu meja minimilasi dari Hilsan Furniture. (pb)

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *