JIKA anda melintas di Jalan Kapten Ismail, Kota Tegal, sebelah timur jalan, ada sebuah kios yang menggantungkan beberapa gitar yang belum jadi. Itulah kios Didi Purnomo yang juga menjadi tempat produksi gitar akustik.

Didi, warga Jalan Kapten Ismail Gg Anggur 1 Kota Tegal sudah lama menekuni usaha membuat alat musik gitar akustik. Produknya sudah tersebar ke beberapa daerah, antara lain Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Bahkan sampai menembus pasar luar negeri.

“Jumlah gitar yang telah diproduksi sudah ngga itungan,” ujar dia.

Produksi Manual

Untuk membuat gitar, Didi menggunakan bahan baku tripleks. Semua proses mulai dari pemotongan tripleks, pembentukan gitar, hingga finishing dilakukan tanpa bantuan peralatan mesin. Meskipun dilakukan secara manual, gitar akustik buatan Didi tidak kalah dengan gitar buatan pabrik.

“Kualitas boleh diadu dengan produksi gitar lainnya,” ujar dia seraya mengambil salah satu gitar yang digantung, dan belum jadi, lalu melemparnya ke tanah. Otomatis terdengar suara gitar jatuh.

“Dari suaranya saja sudah beda, bisa dinilai kualitas gitar produksi saya,” kata Didi.

Didi pun percaya diri dengan produknya yang telah diberi merk Didi Gitar. Selain membuat gitar akustik, dia juga menerima perbaikan gitar akustik dan elektrik dari masyarakat.

Penerus Kakek

Didi mengaku ketrampilan membuat gitar didapat dari kakeknya, Karyadi (almarhum), yang sewaktu masih hidup menjadi perajin gitar. Pada era kakeknya, wilayah Kraton terkenal sebagai salah satu daerah penghasil alat-alat musik keroncong, seperti gitar, ukulele, selo, dan biola. Umumnya warga di wilayah tersebut hidup dari membuat alat musik.

“Sekarang saya penerusnya,” ujar Didi.

Beberapa warga yang pernah ikut bekerja dengannya sudah bisa mandiri membuat produk gitar. Dan, Didi bisa menampung produksi mereka. “Ada tiga tenaga kerja yang sudah mandiri.”

Karena ketrampilannya itu, Didi beberapa kali mengikuti pelatihan dan expo produk. Termasuk juga diundang untuk melatih warga membuat gitar di luar Jawa. (*)

 

 

Komentar
Tags:
About Author: panturabisnis