fbpx

Egrek Saw Rekayasa Fatkhuri Dipatenkan

MESIN rekayasa Fatkhuri, warga Balapulang Wetan RT 02 RW 07 Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, saat ini sedang dipatenkan dengan nama “Egrek Saw”. Mesin gergaji kayu tersebut memiliki beberapa fungsi, seperti scroling, potong/belah hingga untuk menggerinda.

Tahap Penelusuran

Saat ditemui di rumahnya, Fatkhuri menuturkan, proses paten sudah masuk tahap penelusuran atau searching. Dalam tahap ini, ditelusuri apakah mesin tersebut sudah ada sebelumnya atau tidak ada. Fatkhuri yakin hak paten “Egrek Saw” akan ia peroleh.

“Ini murni hasil rekayasa saya. Karya ini telah menjadi juara krenova di tingkat kabupaten. Dan, juga menjadi juara di tingkat propinsi,” tutur pemilik Tunggak Jati craft Art itu.

Untuk proses paten tersebut, kata Fatkhuri, Disperindag Kabupaten Tegal juga tengah membuat mesin “Egrek Saw” sesuai dengan rancangannya.

“Masih dalam proses pembuatan.”

Hasilkan Produk Kerajinan

Dengan gergaji Egrek Saw tersebut, Fatkhuri bisa menghasilkan berbagai produk kerajinan, seperti pot tanaman dari bonggol jati (planters), sepatu kayu, kacamata kayu dan berbagai peralatan dapur dari kayu. Selain tidak membutuhkan tempat kerja yang luas, alat tersebut bisa mengatasi kerumitan dalam menghasilkan produk.

“Seperti produk pot tanaman ini, scrolling bonggol jati ini bisa dilakukan dengan mudah. Begitu juga untuk membuat sepatu kayu.”

Termasuk dalam membuat kacamata kayu. Dengan mesin tersebut, ia bisa dengan cepat untuk membuat lubang kacamata kayu. Saat ini, Fatkhuri terus mempelajari desain kacamata kayu agar nyaman dipakai. Beberapa pesanan kacamata kayu sudah mulai ia terima.

“Saya sering komunikasi dengan Imam Khifni (owner kacamata kayu “Rewood”, red) untuk bertukar pikir masalah kacamata kayu.”

Karena kacamata kayu ini juga Fatkhuri terpilih menjadi binaan Bank Exim. Dan terkait hal itu, pada tanggal 6, 7, dan 8 Maret ini, ia diundang pelatihan di Pusdiklat Semarang. (pb)

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *