fbpx

Di Tegal, Ada Usaha Grafir?

BEBERAPA waktu lalu ada SMS yang masuk ke panturabisnis.com. Pengirim SMS menanyakan, apakah di Tegal ada yang bisa grafir?

Panturabisnis.com belum pernah mendengar usaha itu sebelumnya. Namun ada pelaku usaha yang mungkin dekat dengan masalah tersebut. Maka, nomor hp pelaku usaha tersebut, disampaikan pengirim SMS.

Dari elektranews.com dijelaskan, usaha grafir adalah memberi tulisan atau gambar permanen diatas bahan kaca atau besi atau plastik atau keramik dll.

Untuk keperluan grafir ini, diperlukan alat yang bernama ELECTRIC ENGRAVER. Penjelasan dan toko dan harga tentang alat ini bisa dicari di google dengan key : ELECTRIC ENGRAVER, dan bagi yang belum pernah melihat alat ini dapat menemukan fotonya di google image/gambar dengan key : ELECTRIC ENGRAVER. Alat ini dijual di banyak tempat. Alat ini menggetarkan sebuah paku runcing sehingga paku runcing itu bisa menulisi kaca/besi/plastik/keramik dll.

Usaha ini sangat cocok seiring dengan makin banyaknya kepemilikan barang. Demi keamanan, setiap pemilik barang ingin memberi identitas permanen (tatto) pada barang-barang miliknya, seperti kaca spion, HP, laptop, barang elektronik rumah tangga, dll. Identitas permanen ini bisa berupa nomor polisi di kaca spion, nama dll. Dengan adanya identitas permanen ini, maka barang tersebut tetap dapat dinikmati pemiliknya. Kalau pun dicuri, akan mempunyai nilai jual yang sangat rendah karena ada identitas permanen pemilik asli.
Anggaplah satu orang karyawan dibekali ELECTRIC ENGRAVER ditambah dengan satu UPS atau genset kecil seharga 500 ribu. Kemudian berkeliling di lokasi parkir dengan membawa brosur ukuran 1/4 x kertas fotokopi dengan mencantumkan nomor HP di brosur, dengan tarif Rp 50 ribu untuk menggrafir 2 kaca spion mobil dan tarif 25 ribu untuk menggrafir 2 kaca spion sepeda motor. Jika satu hari dapat 20 order, mungkin cukuplah untuk beli beberapa gram emas setiap, setelah dikurangi upah karyawan, biaya brosur dan biaya bensin genset. Ini baru dari satu orang karyawan. Tentunya jika dilakukan sendiri sebagai usaha sambilan, dalam 3 jam di tempat parkir di mall, mungkin saja dapat orderan agak 3 atau 4 buah. Minimal sekali, alat ini bisa dipakai untuk memberi identitas permanen untuk semua peralatan milik pribadi (laptop/HP/sendok/dll). (pb)

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *