fbpx

Blusukan Online, Pemasaran Online

Periksa wikipedia.com! Luas Kabupaten Tegal adalah sekitar 22 kali luas Kota Tegal. Di jalur Pantai Utara atau dikenal dengan Pantura itu terentang dari Dampyak di Kecamatan Kramat hingga Kecamatan Warureja.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG) adalah SKPD yang paling berkaitan dengan slogan kebanggaan “Tegal Jepangnya Indonesia”. Bagaimana bisa Dinas menjangkau daerah yang sedemikian luas padahal tim penyuluh perindustrian hanya berkekuatan lima personil? Sangat tidak mungkin!

Terbukti ketika panturabisnis.com berkunjung ke Kecamatan Warureja dan Suradadi, sejumlah staf kantor camat heran karena hampir tidak ada program pemerintah terkait perindustrian menyentuh wilayahnya. “Apakah Dinas tahu bahwa di Desa Kreman ada industri lilin?”

Online! Itu solusinya. Faktanya penelurusan panturabisnis.com ke beberapa Kecamatan mengungkap bahwa seksi komunikasi dan informasi tidak berjalan efektif. Padahal seksi itu yang bertanggung jawab menyebarkan informasi dari bawah (masyarakat) dan sebaliknya memberi informasi ke atas (pemerintah kabupaten).

“Lebih baik dipilih orang yang memang hobinya menulis dan main internet,” saran Ellia Hidayah, Camat Dukuhturi. Ya, target panturabisnis.com adalah merekrut koresponden pada setiap kecamatan.

PEMASARAN ONLINE

Masalah serupa tetapi tidak sama dialami pelaku industri atau produsen dari Tegal. Mereka kesusahan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. “Tegal bisa membuat produk apa saja. Masalahnya adalah pasar,” kata Abdullah AN, sesepuh perindustrian Tegal.

Tentu itu bukan masalah tanpa solusi. Di Tegal mulai tumbuh komunitas internet marketing. Mereka mampu mengendus dan menembus pasar global. Mereka bisa menemukan konsumen yang tepat di pelosok dunia melalui internet. “Saya juga menerapkan internet marketing dalam usaha saya. Alhamdulillah karya yang dipandang murah dari kain bekas oleh masyarakat tegal, nilainya menjadi sangat tinggi ketika dijual ke luar provinsi sampai luar negeri,” kata Ika Lutfiriyati kepada panturabisnis.com. (pb)

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *