fbpx

Barisan Nusantara: Guru Pilar Utama Pendidikan

picture361Guru merupakan salah satu pilar utama dan terpenting dalam paradigma pembangunan pendidikan. Dalam hubungannya dengan hal tersebut maka Pimpinan Pusat (PP) Barisan Nusantara menyelenggarakan Diskusi Publik bertajuk Penguatan Peran dan Kualitas Guru di Hotel Sofiyan Menteng, Jakpus (Ahad, 29/11/15)

Diskusi yang dihadiri berbagai kalangan tersebut menghadirkan tiga (3) nara sumber yang mewakili pengambil kebijakan, pengamat pendidikan serta praktisi pendidikan (guru). Mereka adalah Ahmad Rizal dari Staf Khusus Kemendikbud, DR. Iwan Kusuma Hamdan, Konsultan SDM dan Pendidikan serta Darwono dari praktisi pendidikan (guru). Acara dipandu oleh DR. Suryadi Naomi, yang merupakan Sekjen Barisan Nusantara.

Dalam pemaparannya, Ahmad Rizal menyoroti tentang pergeseran persepsi masyarakat terhadap profesi guru. Menurutnya, fenomena makin banyak munculnya Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) sekarang ini merupakan bukti meningkatnya animo masyarakat terhadap profesi guru, hal yang berbeda dengan apa yang terjadi di masa lalu dimana guru bukan merupakan pilihan utama.

Sementara itu, DR. Iwan Kusuma Hamdan menyoroti adanya kesalahan persepsi masyarakat terhadap peran guru. Menurutnya, masyarakat masih memandang bahwa aktifitas mengajar guru adalah bentuk pengabdian dan bukan profesi. Sebagai nara sumber dari praktisi pendidikan, Darwono menyebutkan bahwa untuk menciptakan guru yang kualified sekaligus tercukupi secara kuantitatif dibutuhkan instrumen-instrumen yang mendukung.

Komentar
Spread the love

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *